Kamis, 12 Januari 2012

Kualitas Air

Karena ikan hidup di air, maka kualitas dan kuantitas air merupakan faktor penting. Lele benih membutuhkan air dengan kadar pH netral, tidak mengandung bahan terlarut yang berbahaya, jernih dan tidak berbau. Air didapatkan dari pengeboran tanah dengan kedalaman menyesuaikan daerah masing-masing yang terpenting dicari sumber terbesar dan paling jernih.

Bagaimana dengan air PAM, sumur artesis, atau sumber mata air? Saya tidak punya pengetahuan soal ini, sebab di kampung saya tidak ada yang menggunakannya.

Sedikit cerita berasal dari teman yang mengawali budidaya pembenihan lele di kampung saya. Awalnya juga tidak yakin bisa berhasil, sebab kualitas airnya belum teruji. Toh setelah ditekuni bisa panen bahkan berkembang sangat pesat.

Untuk menyalurkan air dari sumur ke kolam, digunakan pompa air listrik yang telah dimodifikasi pada bagian sedotan dan keluaran. Umumnya dioverload menjadi 1,5" sehingga penyedotan dan pengeluaran air lebih besar. Overload pompa air listrik mudah dijumpai di pasar loak tiap kota. Kisaran biayanya antara Rp 150 ribu sampai Rp 200 ribu. (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar