Kamis, 12 Januari 2012

Kolam Terpal Semi Permanen

Kolam semipermanen umumnya berbahan terpal. Harga terpal tergantung kualitas dan ukuran yang dibutuhkan. Terpal mudah dijumpai di toko plastik di kota Anda, tersedia berbagai ukuran yang telah jadi atau bisa pesan sesuai ukuran yang diinginkan.

Kolam berbahan terpal umumnya ada dua model, yakni berdinding bambu dan dinding tanah. Bila berdinding bambu maka seluruh kerangka terbuat dari bambu. Makin rapat makin kokoh. Kolam jenis ini membutuhkan biaya jauh lebih murah dari kolam tembok permanen. Perkiraan hanya butuh 30 persen dari biaya membuat kolam tembok.

Lebih murah lagi adalah kolam terpal berdinding tanah. Kita hanya perlu menggali tanah, membuat bedengan lantas memasang terpal. Kelemahan kolam model ini adalah pembuangan air sedikit sulit sebab posisi kolam lebih rendah.

Bila kolam tembok cenderung berukuran tertentu, tidak dengan kolam terpal. Kita hanya perlu menyesuaikan dengan luas lahan yang dimiliki. Jadi tidak heran bila satu kolam terpal seluas lapangan badminton. Hanya saja makin luas makin sulit perawatannya.

Satu hal yang perlu diperhatikan ketika membuat kolam terpal adalah memberi penghangat di bawah terpal. Yang umum digunakan adalah sekam atau kulit padi dengan ketebalan sekitar 5 sampai 10 centimeter. Tujuannya membantu menjaga kestabilan suhu air di dalam kolam.

Tidak ada yang baku dalam membuat kolam, silahkan berimprovisasi sesuai selera dan anggaran yang disiapkan.(*)

1 komentar:

  1. keren gan kolam nya,
    pinjem gambar nya yah, source nya di pasang koq :D

    BalasHapus